Jumat, 19 April 2013

Cara Membuat Tahu Susu

Proses Pembuatan 
Bahan-bahan tahu susu terdiri dari kacang kedelai, susu sapi, mentega, garam, bawang putih, kunyit, dan air. Kacang kedelai yang digunakan harus benar-benar pilihan atau kualitas nomor satu dengan menggunakan kacang kedelai terbaik, agar tahu susunya enak dan bergizi.

Peralatan pembuatan yang dibutuhkan antara lain, tong untuk pencucian kacang kedelai, mesin giling, tungku perebusan, tong kayu, tong plastik, saringan besar dan kecil, serok, cetakan, kayu pengaduk, tangok (berbentuk kerucut untuk menyaring kedelai), kain saring, kain cetakan. dan tampir (untuk menempatkan tahu yang sudah jadi, terbuat dari bambu). 

Pembuatan tahu susu diawali dengan perendaman kacang kedelai selama 4 jam. Setelah itu dicuci sampai bersih, lalu dimasukkan ke dalam mesin penggilingan. Setelah digiling kacang kedelai dimasukkan ke air mendidih untuk direbus selama kurang lebih 1 jam, sambil diaduk-aduk.Setelah itu, kacang kedelai dipindahkan ke dalam tong kayu untuk dipisahkan antara ampas dan sari kedelai. Kemudian sari susu kedelai dicampur dengan susu murni, mentega, garam dan bibit tahu sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata. 

Langkah selanjutnya, endapkan.Endapan sari kedelai dituang ke dalam cetakan dan dipres selama kurang lebih satu jam, lalu diangkat dari cetakan. Selanjutnya, tahu susu dipotong-potong sesuai ukuran cetakan yang diinginkan.Bentuknya bisa bermacam-macam, kotak kecil untuk tahu goreng,  kotak buntel, tahu cetak bungkus (takus), tahu panjang yang biasa dijual dalam keadaan mentah, dll.Setelah dipotong-potong, tahu dimasukan ke dalam air mendidih yang telah diberi garam dan bawang putih, lalu rebus kembali selama 10 hingga 15 menit. 

Jika ingin tahu susu berwarna kuning, maka harus melalui satu proses lagi, yaitu pewarnaan dengan bahan alami kunyit. Tahu pun siap digoreng atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik atau besek untuk dijadikan oleh-oleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar