Rabu, 13 Maret 2013

AYO KE POSYANDU

Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu sangat berpengaruh bagi perkembangan kesehatan bayi,batita ataupun balita dalam sebuah lingkungan desa atau kelurahan.Posyandu membantu dan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya anak anak.dalam upaya peningkatan,pencegahan,penyembuhan atau pemulihan kesehatan yang berkala,sangat diperlukan oleh masyarakat.Penyelenggaraan Posyandu oleh Tim Kesehatan Desa (Bidan desa) dibantu para kader kesehatan dan ibu ibu PKK.
Lokasi posyandu seyogyanya bertempat di balai dusun atau di rumah / lokasi yang mudah terjangkau oleh masyarakat.Posyandu dapat melayani masyarakat terutama ibu hamil, bayi dan balita, dan pasangan usia subur (POS). Posyandu mempunyai 5 program pelayanan yaitu, KB, KIA, GIZI, Imunisasi, pencegahan dan penanggulangan diare. Di Desa Legok terdapat 5 ( lima ) posyandu di masing - masing dusun antara lain Posyandu Melati- Dusun Ngering,Posyandu Dahlia -Dsun Legok,Posyandu Anggrek I dan II Dusun Tempel , serta Posyandu Flamboyan Dusun Panderejo.
  Setiap bulan setiap posyandu yang ada di Dusun melakukan tugasnya dengan rutin.
Beberapa Manfaat Posyandu antara lain :
1. Bagi pasangan usia subur mereka dapat mengatur jark kelahiran anak pertama, kedua, dan selanjutnya yaitu 5 tahun, dan untuk mengatur jarak kelahiran mereka dapat menggunakan alat KB yang cocok. Di samping itu mereka dapat mengetahui usia melahirkan yang baik yaitu di bawah 30 tahun untuk mengurangi resiko tinggi kelahiran.


2. Orang tua / Ibu dapat mengetahui manfaat KB yaitu, dapt meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesejahteraan keluargan.

4. Bagi ibu yang mempunyai Bayi / Balita mereka dapat mengetahui manfaat ASI, manfaat Imunisasi, mengatur makanan / Gizi Bayi / Balita, mengetahui cara merawat bayi / balita serta dapat mencegah dan menanggulangi Diare.

5. Bagi Ibu hamil mereka dapat mengetahui perkembangan kehamilannya seperti berat badan, kondisi janin, tekanan darah, serta mendapat penanganan khusus bila ada masalah tentang kehamilannya untuk mengurangi resiko tinggi saat melahirkan.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar